Empat Lawan Empat

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
ilustrasi

ilustrasi

Banyak hal yang dapat menjadikan seseorang meraih kebahagiaan sebagaimana diharapkannya. Demikian pula banyak hal yang dapat meyebabkan seseorang menderita dalam kesengsaraan yang sangat tidak diinginkannya. Senang dan susah, bahagia maupun sengsara adalah bagian dari episode kehidupan yang mau tidak mau akan menghampiri dan harus dihadapi serta dijalani.

Kedua rasa dan keadaan itu sulit dihindari, meski semua manusia hanya mengharapkan salah satu satunya, yaitu senang dan bahagia. Tidak ada seorang pun yang berharap mendapati susah dan sengsara.

Rasulullah SAW menyebutkan ada empat hal yang dapat menjadikan seseorang memperoleh kebahagiaan. Demikian pula ada empat hal yang menjadi alasan seseorang berada dalam kesengsaraan. Keempat hal itu, penyebab kebahagiaan atau kesengsaraan, tergantung pada bagaimana seseorang berusaha untuk mendapatkan sumber kebahagiaan, atau mengundang sumber kesengsaraan. Keduanya tergantung pada usaha orang itu sendiri. Allah dan rasul-Nya memberikan kabar sekaligus cara untuk memperolehnya.

Adapun keempat hal itu adalah sebagaimana disebutkan dalam hadis yang dirirwayatkan Ibnu Hibban sebagai berikut.

“Ada empat hal yang termasuk kebahagiaan; istri yang salihah, tempat tinggal yang leluasa, tetangga yang baik, dan kendaraan yang nyaman. Serta ada empat hal yang termasuk kesengsaraan; istri yang jahat, tetangga yang jahat, kendaraan yang buruk, dan tempat tinggal yang sempit.”

Keempat hal yang menjadi sumber kebahagiaan maupun sumber kesengsaraan sebagaimana disebutkan Nabi dalam hadis tersebut, bisa bermakna zahir bisa juga sebaliknya.

Istri yang salihah dan tetangga yang baik adalah dua hal yang menjadi sumber kebahagiaan seseorang. Dua hal ini bermakna zahir, yakni benar-benar istri yang salihah dan tetangga yang baik. Karenanya merupakan anugerah dari Allah SWT apabila seseorang memiliki pasangan yang baik juga tetangga yang baik. Karena keduanya dapat memberikan ketenangan dan kenyamanan.

Sedangkan rumah yang leluasa dan kendaraan yang nyaman, boleh jadi mengandung makna yang tersirat.⁠⁠⁠⁠

Print Friendly
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

Leave A Reply