Do’a Mereka Dikabulkan

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
ilustrasi

ilustrasi

persisalamin – Rasulullah SAW menyebutkan bahwa ada sekelompok orang yang do’anya tidak akan disia-siakan Allah SWT. Artinya bahwa do’a orang tersebut akan dikabulkan oleh Allah SWT. Adapun kelompok dimaksud adalah orang yang berdo’a bagi orang lain tetapi tidak diketahui oleh orang yang dido’akannya. Do’a orang seperti ini, kata Rasul, pasti dikabulkan.

Kebanyakan orang apabila mendo’akan orang lain adalah di hadapan orang yang dido’akan itu, atau setidaknya diketahui oleh orang yang dido’akannya. Misalnya saja mendo’akan orang yang akan berangkat haji, atau mendo’akan mahasiswa yang akan melaksanakan ujian sidang skripsi, atau mendo’akan siswa yang akan mengikuti ujian nasional, atau mendo’akan orang yang pindah rumah, atau mendo’akan orang yang baru memulai/membuka usaha, dan lain sebagainya.

Mendo’akan orang-orang seperti contoh tersebut, biasanya disampaikan langsung di hadapan orang yang dido’akan. Dan demikianlah lumrahnya yang dilakukan kebanyakan orang; menyampaikan do’a dan harapan-harapan berupa kebaikan bagi orang yang dido’akannya itu dengan diketahui oleh orang yang dido’akannya. Tentu saja hal itu tidak keliru, bahkan itu adalah bagian dari kebaikan yang harus dibiasakan umat Islam yaitu saling mendo’akan kebaikan.

Tidak ada yang mampu memastikan bahwa do’a tersebut akan diterima. Begitupun tidak ada yang mampu menjamin bahwa do’a tersebut akan ditolak dalam arti tidak dikabulkan. Dikabulkan atau tidaknya do’a itu tergantung pada siapa yang berdo’a dan untuk siapa do’a tersebut. Karena banyak faktor yang memengaruhi suatu do’a dikabulkan atau ditolak.

Jika do’a seseorang untuk orang lain disampaikan di hadapan atau diketahui orang yang dido’akannya belum pasti dikabulkan, maka do’a seseorang yang tidak diketahui oleh orang yang dido’akannya itu pasti dikabulkan. Demikianlah yang dikabarkan oleh Rasulullah SAW sebagaimana disebutkan dalam hadis yang diriwayatkan Imam Muslim berikut ini.

“Do’a seorang muslim untuk saudaranya yang tidak diketahui olehnya adalah do’a mustajab. Di atas kepala orang yang berdo’a ada malakat yang diutus sehingga setiap kali mendo’akan kebaikan untuk saudaranya maka malaikat tersebut akan mengucapkan; Aamiin. Dan kamu juga akan mendapatkan seperti itu.”

Karenanya, mendo’akan kebaikan untuk sesama muslim tidak perlu diketahui oleh orang yang bersangkutan. Bahkan diusahakan agar do’a tersebut tidak diketahui oleh orang yang dido’akan. Sebab do’a tersebut sangat dimungkinkan akan dikabulkan oleh Allah SWT sebagaimana dijelaskan Rasulullah SAW. Mendo’akan kebaikan bagi orang lain dengan diam-diam justru akan membuka lebar-lebar peluang dikabulkannya do’a tersebut.

Print Friendly
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

Leave A Reply