Di Hari Kiamat, Tujuh Kelompok Ini Pasti Selamat

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
ilustrasi

ilustrasi

persisalamin – Kiamat merupakan hari yang sangat mencekam, hari ketika semua orang gelisah, cemas dan diselimuti ketakutan. Pada hari itu manusia hanya berharap satu hal, adanya ampunan dari Allah SWT. Sebab tanpa  ampunan Dia, dipastikan ia tak akan selamat dari ancaman siksa neraka yang teramat pedih. Pada hari itu, semua manusia berharap mendapatkan ampunan itu, agar diberikan perlindungan sehingga terselamatkan dari ganasnya julatan api jahanam.

Rasulullah SAW memberikan kabar gembira kepada umatnya tentang nasib mereka pada hari kiamat. Kelak, kata beliau, ada tujuh kelompok manusia yang mendapat perlindungan dari Allah SWT. Ketujuh orang itu dinilai sebagai orang-orang yang berjuang keras untuk menjadi kekasih Allah sehingga sangat layak mendapat perlindungan, ketika semua orang diselimuti ketakutan. Ketujuh orang itu oleh Rasulullah SAW dijamin memperoleh kesemalatan sebagaimana disebutkan dalam hadis berikut.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ سَبْعَةٌ يُظِلُّهُمْ اللَّهُ تَعَالَى فِي ظِلِّهِ يَوْمَ لَا ظِلَّ إِلَّا ظِلُّهُ إِمَامٌ عَدْلٌ وَشَابٌّ نَشَأَ فِي عِبَادَةِ اللَّهِ وَرَجُلٌ قَلْبُهُ مُعَلَّقٌ فِي الْمَسَاجِدِ وَرَجُلَانِ تَحَابَّا فِي اللَّهِ اجْتَمَعَا عَلَيْهِ وَتَفَرَّقَا عَلَيْهِ وَرَجُلٌ دَعَتْهُ امْرَأَةٌ ذَاتُ مَنْصِبٍ وَجَمَالٍ فَقَالَ إِنِّي أَخَافُ اللَّهَ وَرَجُلٌ تَصَدَّقَ بِصَدَقَةٍ فَأَخْفَاهَا حَتَّى لَا تَعْلَمَ شِمَالُهُ مَا تُنْفِقُ يَمِينُهُ وَرَجُلٌ ذَكَرَ اللَّهَ خَالِيًا فَفَاضَتْ عَيْنَاهُ – رواه البخارى

Telah menceritakan kepada kami Musaddad. Telah meneritakan kepada kami Yahya dari Ubaidilah Ia berkata, telah menceritakan kepadaku Khubaib bin Abdurrahman dari Hafs bin Ashim dari Abu Hurairah ra. dari Nabi Saw beliau terlah bersabda, “Ada tujuh golongan yang akan dilindungi oleh Allah SWT dengan perlindungannya pada hari yang tidak ada perlindungan selain perlindungan dari Allah. Ketujuh golongan itu adalah; pemimpin yang adil, pemuda yang terus meningkatkan ibadahnya kepada Tuhannya, seseorang yang hatinya selalu terikat dengan Mesjid, dua orang yang saling mencintai karena Allah; mereka bersatu dan berpisah hanya karena Allah, seorang laki-laki yang digoda oleh perempuan yang cantik nan jelita, tetapi laki-laki itu berkata: sesungguhnya aku takut kepada Allah, seseorang yang bersedekah dengan rahasia, sampai-sampai tangan kirinya tidak tahu apa yang diinfakkan oleh tangan kanannya, dan seseorang yang mengingat Allah sampai-sampai mencucurkan air matanya.” (HR. Bukhari)

Jika dikelompokkan, ketujuh kelompok itu adalah sebagai berikut:

  1. Pemimpin yang adil;
  2. Kaum muda yang giat beribadah;
  3. Orang yang hatinya selalu terikat dengan Masjid;
  4. Orang yang mencintai didasari kecintaan kepada Allah;
  5. Lelaki yang mampu menahan godaan syahwat;
  6. Gemar bersedekah dengan ikhlas;
  7. Orang yang selalu ingat kepada Allah SWT.
Print Friendly
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

Leave A Reply