Cara Mengatasi Kehamilan dengan Plasenta Previa

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
ilustrasi

ilustrasi

persisalamin – Menurut Ketua Umum Persatuan Obstetri Ginekolog Indonesia (POGI), Nurdadi Saleh, kehamilan plasenta previa merupakan kondisi kehamilan di mana placenta berada terlalu dekat, hingga menutupi jalan lahir bayi.

“Kehamilan dengan plasenta previa diakibatkan oleh beberapa faktor, bisa karena ibu kurang gizi, kehamilan sebelumnya mengalami kondisi yang sama, atau hamil di atas usia 35 tahun dan masih banyak faktor lainnya,” tuturnya.

Faktor penyebab kehamilan dengan plasenta previa bagi setiap ibu berbeda-beda, tergantung dengan riwayat kehamilan sebelumnya hingga kondisi ibu hamil itu sendiri. Adapun untuk penanganan kehamilan dengan plasenta previa adalah sebagai berikut.

Perbanyak Asupan Gizi yang Baik

Penanganan untuk ibu dengan kondisi kehamilan plasenta previa salah-satunya adalah dengan memperbanyak asupan gizi yang baik, terutama kondisi plasenta previa ibu hamil diakibatkan oleh kekurangan gizi.

“Untuk itu sebaiknya perhatikan asupan nutrisi bagi ibu terutama bagi bayi dalam kandungan,” tuturnya.

Jangan Terlalu Lelah

Penanganan lainnya yaitu, ibu hamil dengan kondisi plasenta previa adalah perbanyak istirahat jangan terlalu beraktivitas hingga membuat kelelahan hebat. Pasalnya, dikhawatirkan akan terjadi pendarahan terutama jika kondisi plasenta previa total menutupi jalan lahir.

Hindari Berhubungan Seksual

Selain itu, penanganan lainnya adalah sebaiknya menghindari berhubungan seksual untuk sementara waktu terutama jika kondisi kehamilan plasenta previa disertai dengan pendarahan yang hebat.

Kurangi Beraktivitas Berat

Kemudian, ibu dengan kondisi kehamilan plasenta previa pun sebaiknya mengurangi aktivitas berat terutama jika kondisi plasenta previa yang menutup jalan lahir secara total serta disertai dengan pendarahan.

“Sebaiknya istirahat total dan lebih banyak berbaring, karena dikhawatirkan terjadi pendarahan hebat hingga plasenta terlepas sedangkan bayi dalam kandungan belum cukup umur untuk dilahirkan,” tutupnya.

Print Friendly
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

Leave A Reply