Budayakan Saling Menolong

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
ilustrasi

ilustrasi

Salah satu akhlak Islam yang diajarkan Rasulullah SAW adalah tolong menolong. Tentu yang dumaksud adalah saling menolong dalam kebaikan. Saling menolong bisa dilakukan secara individual, bisa juga secara komunal. Di beberapa tempat, saling menolong secara komunal telah menjadi budaya yang dikenal dengan istilah gotong royong.

Rasulullah SAW menyebutkan bahwa umat Islam adalah ibarat bangunan, satu sama lainnya saling mengokohkan, saling menguatkan. Hal itu sebagaimana hadis yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim berikut.

“Orang mukmin yang satu dengan mukmin yang lain bagaikan satu bangunan, satu dengan yang lainnya saling mengokohkan.’ Kemudian beliau menganyam jari-jemarinya.”

Di hadis yang lain, Rasulullah SAW menyebut umat Islam seperti satu tubuh, satu sama lain saling merasakan. Hal itu sebagaimana riwayat berikut.

“Perumpamaan orang-orang mukmin dalam berkasih sayang bagaikan satu tubuh, apabila satu anggota badan merintih kesakitan maka sekujur badan akan merasakan panas dan demam.”

Perumpamaan umat Islam yang diberikan Rasulullah SAW menyiratkan pesan keharusan umat Islam untuk terus bersatu. Hal itu yang kemudian akan melahirkan budaya saling menolong. Menyebarkan kebaikan, termasuk menyebarkan dan membela ajaran Islam harus dilakukan secara bersama-sama, saling mendukung satu sama lain.

Print Friendly
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

Leave A Reply