Bom Bunuh Diri, Bolehkah Dalam Islam?

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
ilustrasi

ilustrasi

persisalamin – Menurut Ketua Umum Persatuan Islam (Persis) A. Zakaria, tindakan bom bunuh diri dengan alasan jihad tidak diperbolehkan dan tidak dibenarkan dalam Islam. Sebab, kata dia, tindakan tersebut cenderung mencelakakan dan menghancurkan.

“Islam itu tidak mengajarkan jihad dengan cara bom bunuh diri yang menghancurkan ruang publik dan orang-orang yang tidak ada kaitannya dan tidak tahu apa-apa,” tuturnya kepada persisalamin.com, Ahad (31/7).

Lebih lanjut dia menjelaskan, justru konsep jihad yang diajarkan Islam adalah tindakan memperjuangkan Islam baik dengan fisik, ilmu, atau bentuk perhatian melalui usaha atau kerja keras dan dengan cara yang baik.

“Tidak sampai mencelakakan orang atau menghancurkan segala sesuatu hingga merugikan banyak orang,” katanya.

Belajar dengan sungguh-sungguh juga termasuk jihad, karena bagi umat Islam menimba ilmu adalah salah-satu bentuk ibadah. Apalagi jika ilmu tersebut digunakan untuk memperjuangkan Islam, maka itu sudah termasuk jihad. Dengan demikian, jihad dengan tindakan bom bunuh diri jelas dan tegas tidak dibenarkan dan tidak diperbolehkan dalam ajaran Islam.

Adapun jika pelaku bom bunuh diri tersebut berpandangan bahwa tindakannya karena memperjuangkan Islam atau berpandangan dalam kondisi perang, tetap hal tersebut tidak dibenarkan oleh Islam. Pasalnya, perang dalam ajaran Islam memiliki aturan dan etika. Salah-satunya adalah tidak boleh membunuh anak-anak dan perempuan, serta tidak diperbolehkan menghancurkan fasilitas publik.

“Jihad dengan tindakan bom bunuh diri jelas dan tegas tidak dibenarkan dalam Islam,” tegasnya.

Print Friendly
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

Leave A Reply