Berkurban Tapi Belum Akikah, Bolehkah?

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
ilustrasi

ilustrasi

persisalamin – Sementara orang berpendapat bahwa kurban baru bisa dikerjakan apabila sudah melaksanakan akikah. Sehingga, jika belum melaksanakan akikah, maka belum boleh melaksanakan ibadah kurban. Benarkah kurban boleh dilaksanakan apabila sudah akikah?

“Karena berkurban merupakan ibadah sunnah muakkadah, begitu juga dengan akikah yang merupakan sunnah bagi yang mampu secara finansial. Kurban tidak harus akikah dulu,” terang Dedeng Rosyidin kepada persisalamin.com.

Karenanya, lanjut dia, melaksanakan ibadah kurban tidak harus didahului akikah. Jika memungkinkan untuk berkurban, maka berkuban tanpa syarat harus berakikah dulu. Terlebih, melaksanakan kurban harus didahului akikah sama sekali tidak ada dasar hukumnya.

Terlebih jika memerhatikan dalil tentang kurban yang tidak memberikan syarat appaun selain kemmapuan. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam hadis riwayat Ibnu Majah yaitu;

“Dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah SAW bersabda; Barangsiapa memiliki keluasaan (kekayaan), dan tidak berkurban maka jangan mendekati tempat salat kami.”

Bahkan dalil mengenai akikah, justru disyariatkan pada hari ketujuh sejak bayi lahir. Dari sisi hukum, sifatnya anjuran, dari sisi waktu hanya pafa hari ketujuh sejak bayi dilahirkan.

Setiap anak tergadaikan dengan akikahnya, disembelihkan untuknya pada hari ketujuh, digundul rambutnya dan diberi nama.”

Print Friendly
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

Leave A Reply