Berapa Nilai Salat Anda?

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
ilustrasi

ilustrasi

persisalamin – Salat merupakan ibadah yang sangant penting, karenanya tidak dapat dilakukan dengan sembarangan. Seperti ibadah lainnya, salat pun dinilai, yang tentu akan berpengaruh terhadap pahala yang akan didapat, atau bahkan penentu apakah salat tersebut diterima atau tidak. Hal itu bergantung pada perhatian dan persiapan seseorang dalam mengerjakan salat.

“Nilai dalam salat yang dimaksud yaitu kalau dinilai dengan angka ya seperti nilainya 1, 2, 3, 4, dan seterusnya hingga yang paling baik,” terang A. Zakaria dalam salah satu ceramahnya pada Jihad beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut dia menjelaskan, nilai dalam salat itu beragam tergantung perhatiannya masing-masing. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam hadis riwayat Ahmad sebagai berikut;

Tidak ada nilai seorang hamba dari salatnya kecuali apa yang ia sadari dari salatnya, dan orang yang salat mengerjakan salat tetapi tidak dicatat dari salatnya kecuali hanya seperenamnya atau sepersepuluhnya.”

Hadis tersebut menunjukkan bahwa nilai salat itu memang beragam, mungkin ada yang bernilai satu, dua, tiga, atau ada yang bernilai tujuh dan seterusnya. Semuanya tergantung individu yang mengerjakannya, yaitu aspek pada perhatian dan penghayatannya pada salat yang dilakukan.

“Oleh karena itu, buatlah persiapan dengan baik dalam melaksanakan salat dengan persiapan yang maksimal,” katanya.

Selain persiapan yang baik, tambah dia, agar mendapatkan penilaian salat yang baik, maka dalam melaksanakan salat diperintahkan untuk khusyu, yaitu merasa hina dan merendah diri di hadapan Allah SWT dengan hati dan anggota badannya.

Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur’an Surat Al-Mu’minun ayat 1 dan 2 yaitu “Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman (yaitu) orang-orang yang khusyu dalam salatnya.”

Print Friendly
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

Leave A Reply