Bagaimana Posisi Shaff Imam dan Makmum Perempuan?

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
ilustrasi

ilustrasi

persisalamin – Dalam pelaksanaan salat berjamaah bagi wanita, ada aturan bebeda dari laki-laki. Menruut A. Zakaria, posisi shaff jika imam dan makmum perempuan adalah membentuk shaff yang lurus dan rapat dengan menempelkan kaki masing masing sejajar dan imam berada ditengah di depan shaff.

“Apabila hendak mengerjakan salat berjamaah tetapi tidak ada imam laki-laki, maka posisinya sama pada umumnya seperti membentuk shaff dengan benar yaitu lurus tetapi posisi imam berada di tengah depan makmum jika makmumnya lebih dari dua,” tuturnya.

Namun jika makmumnya hanya satu atau jumlahnya hanya dua yaitu imam satu dan makmum satu sama-sama perempuan, maka shaff shalatnya disejajarkan antara imam dan makmum perempuan. Sedangkan jika kondisinya makmumnya dua perempuan dan imamnya satu perempuan, maka imam berdiri sejajar dengan makmum perempun di tengah posisinya.

Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam salah-satu hadist yang diriwayatkan Aisyah Binti Abu Bakar RA dan Ummu Salamah RA yaitu;

Dari Ibnu Abbas radhiyallahuanhu bahwa seorang wanita mengimami jamaah shalat dari kaum wanita, dan ia (imam) berdiri di tengah-tengah mereka (yang ada di barisan paling depan).”

Lalu, sebagaimana dijelaskan dalam salah satu hadist yang berbunyi “Ummu Salamah pernah mengimami kami (para wanita) ketika sholat Ashar dan beliau berdiri di tengah-tengah kami.” 

Selanjutnya dijelaskan juga dalam Hadist Riwayat Muslim yaitu “Sebaik-baik barisan shalat laki-laki adalah paling depan, seburuk-buruknya adalah paling belakang. Sebaik-baik barisan shalat wanita adalah peling belakang, seburuk-buruknya adalah paling depan.”

Print Friendly
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

Leave A Reply