Apakah Sah Jika Bacaan Salat Imam Tidak Terdengar Makmum?

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
ilustrasi

ilustrasi

persisalamin – Salat berjamaah sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Akan tetapi dalam pelaksanaannya sering menimbulkan beberapa pertanyaan, salah satunya terkait dengan bacaan imam. Tak jarang, imam saat memimpin salat berjamah tidak mengeraskan bacaannya, sehingga makmum tidak mendengar sampai tidak tahu apa yang dibaca oleh imam. Dalam keadaan seperti itulah ada pertanyaan, apakah salat seperti itu sah atau tidak?

Menurut A. Zakaria, salat berjamaah yang bacaan salatnya tidak dinyaringkan imam, tetap sah. Menurutnya, menyaringkan suara dalam salat bukan rukun melainkan sebatas anjuran saja.

“Sah salat makmum yang imamnya tidak menyaringkan bacaannya,” tuturnya kepada persisalamin.com, Sabtu (20/8).

Dia menjelaskan, makmum hanya memiliki kewajiban untuk mengikuti imam. Sedangkan imam bertanggung jawab memimpin salat agar salat jamaah itu sah dan diterima.

“Jika imam tepat dan benar, maka makmum pun akan tepat dan benar. Sebaliknya, jika imam salah, maka makmum pun akan salah dan itu menjadi tanggungjawab imam,” katanya.

Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam hadis yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim yaitu;

Imam itu ditunjuk untuk diikuti. Apabila dia bertakbir maka ikutlah bertakbir, apabila beliau rukuk maka ikutlah rukuk.”

Adapun mengeraskan suara bagi imam, sambung dia, termasuk anjuran dalam salat bukan kewajiban. Mengeraskan suara saat membacakan bacaan atau doa saat salat bagi imam dianjurkan dilakukan supaya makmum dapat mendengarkan suara imam.

“Sehingga makmum dapat mendengarkan arahan imam saat salat seperti akan sujud, ruku dan sebagainya,” tambahnya.

Selain itu, mengeraskan suara bagi imam dianjurkan untuk menghindari makmum tertinggal rakaat terutama makmum yang berada di belakang yang cenderung tidak mendengar suara imam dengan jelas.

“Jika imam selesai takbir maka bertakbirlah, demikian pula dianjurkan untuk mengeraskan suara agar bisa diikuti oleh makmum,” pungkasnya.

Print Friendly
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

Leave A Reply