Anda Sedang Hamil? Ini yang Harus Dihindari

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
ilustrasi

ilustrasi

persisalamin – Menurut Ketua Umum Persatuan Obstetri Ginekolog Indonesia atau POGI, Nurdadi Saleh, selama menjalani kehamilan ada beberapa hal seperti gaya hidup, pola makan hingga perilaku yang harus dihindari.

“Hal ini dilakukan supaya bayi dalam kandungan sehat, dan tidak mengalami kelainan hingga cacat fisik,” tuturnya, Ahad (31/7).

Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan selama menjalani proses kehamilan.

Tidak Merokok

Ibu yang sedang hamil sangat dianjurkan untuk tidak merokok termasuk menghindari asap rokok. Pasalnya, karbon monoksida dari rokok tersebut dapat menghambat aliran oksigen dan asupan nutrisi untuk bayi. Selain itu, ibu yang merokok sangat tinggi berisiko melahirkan anak prematur, anak yang dilahirkan berbobot di bawah normal, dan lebih rentan terkena infeksi, serta lebih tinggi berisiko terkena asma hingga berisiko cacat pada kaki, jantung dan anggota tubuh lainnya.  

Hindari Narkotika

Ibu hamil juga diharuskan untuk menjauhi narkotika, karena akan berbahaya bagi pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan. Ibu hamil yang mengonsumsi narkotika sangat berisiko terhadap pertumbuhan bayi yang tidak sempurna/cacat bawaan.

Jangan Cemas

Hal lain yang harus dihindari adalah cemas selama menjalani kehamilan. Kecemasan sebaiknya dihindari, karena akan memicu stress dan dikhawatirkan akan berpengaruh terhadap psikologis bayi dalam kandungan.

 

Hindari Bersentuhan Langsung dengan Kotoran Kucing

Disisi lain, ibu yang sedang hamil sebaiknya menghindari bersentuhan langsung dengan kotoran kucing. Pasalnya, dalam kotoran kucing tersebut banyak mengandung parasit toxoplasma yang dapat menyebabkan infeksi darah serius salah-satunya.

“Untuk itu sebaiknya jika hendak membersihkan kotoran kucing sebaiknya meminta pertongan orang lain, atau menggunakan sarung tangan,” tutupnya.

Print Friendly
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

Leave A Reply