Anak dengan ADD, Bagaimana Gejalanya?

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
ilustrasi

ilustrasi

persisalamin – Menurut Psikolog sekaligus dosen dari Universitas Islam Bandung, Agus Sofyandi Kahfi anak dengan ADD atau Attention Deficit Disorder adalah anak yang memiliki kesulitan memusatkan perhatian atau konsentrasi yang tidak sesuai dengan usia anak tetapi tanpa perilaku hiperaktif.

“Gejala ADD ini terkadang sudah nampak pada anak sebelum masuk usia 4 tahun, tetapi kebanyakan nampak pada usia sekolah karena ADD ini menimbulkan gangguan saat anak mulai sekolah,” tuturnya kepada persisalamin.com, Bandung, Kamis (28/7).

Lebih lanjut dia menjelaskan, penyakit Attention Deficit Disorder ini terjadi akibat adanya kelainan pada neurotransmiter atau zat yang menghantarkan gelombang saraf ke dalam otak. Adapun gejala Attention Deficit Disorder ini berbeda-beda antara anak yang satu dengan anak lainnya. Namun, Anda bisa mewaspadainya ketika anak Anda memiliki gejala sebagai berikut;

Sulit Memusatkan Perhatian

Gejala yang sering terjadi pada anak dengan Attention Deficit Disorder ini adalah kesulitan memusatkan perhatian.

“Biasanya jika di kelas anak tidak bisa membaca lama, dan pikirannya selalu meloncat-loncat serta tidak bisa berkonsentrasi pada satu hal,” katanya.

Tidak Mendengarkan Orang Lain Berbicara

Selain itu, gejala lainnya adalah anak dengan Attention Deficit Disorder ini terkadang nampak tidak mendengarkan orang lain saat lawan berbicara kepadanya.

Sulit Menyelesaikan Tugas

Lalu, gejala lainnya yaitu anak biasanya kurang mampu menyelesaikan satu tugas terutama jika tidak diarahkan dan cenderung dibiarkan tanpa bimbingan orang dewasa.

Perhatian Mudah Teralihkan

Kemudian, anak dengan Attention Deficit Disorder pun biasanya perhatiannya mudah teralihkan oleh sesuatu hal.

Sulit Mengikuti Arahan

Gejala lainnya tambah Agus yaitu kesulitan mengikuti arahan baik arahan yang detail maupun umum sekalipun.

Kurang Berhati-hati

Disisi lain, anak dengan Attention Deficit Disorder pun menunjukkan perilaku kekurang hati-hatian. Sehingga, sering membuat kesalahan akibat perilaku tersebut. Hal ini diakibatkan oleh anak kurang memperhatikan.

Sering Lupa

Anak dengan Attention Deficit Disorder pun biasanya menunjukkan perilaku sering lupa pada sesuatu.

Print Friendly
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

Leave A Reply