Allah Muliakan dan Hinakan Suatu Kaum dengan Al-Qur’an

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Al Qur'an

Al Qur’an

persisalamin – Al-Qur’an adalah firman Allah SWT, semua isinya benar dan mengandung kebaikan. Tak ada sedikitpun cela dan kekeliruan di dalamnya, dan itu adalah mustahil karena Allah SWT Mahasempurna.

Kebenaran dan kemuliaan Al-Qur’an pun menjadi penjamin kebaikan dan kemuliaan manusia, sebagaimana Al-Qur’an juga menjadi jalan keburukan bagi suatu kaum. Hal itu bukan karena isi Al-Qur’an melainkan sikap manusia itu sendiri terhadap Al-Qur’an.

Dalam kitab Sahih Muslim, terdapat sebuah hadis sebagai berikut.

“Sesungguhnya Allah akan mengangkat suatu kaum menuju kemuliaan dengan Al-Qur’an ini, dan dengannya pula Allah akan menjatuhkan kaum yang lain menuju kehinaan.”

Mulia atau hinanya seseorang, antara lain disebabkan oleh sikapnya terhadap Al-Qur’an. Secara garis besar, sikap manusia terhadap Al-Qur’an ada tiga macam.

Pertama, orang-orang yang tidak senang bahkan benci terhadap Al-Qur’an. Apa yang ada di dalamnya mereka tolak mentah-mentah, bahkan tak jarang menantang dan melecehkannya. Kelompok inilah yang disebut Al-Qur’an sebagai kelompok zalimun linafsih; kelompok yang menganiaya dirinya sendiri.

Kedua, orang-orang yang tidak menolak Al-Qur’an namun juga tidak menerimanya. Dia mengakui Al-Qur’an sebagai wahyu Allah, akan tetapi tidak mengamalkan ajarannya. Meski demikian, ia tidak menentang Al-Qur’an juga tidak merendahkan atau melecehkannya. Kelompok inilah yang disebut Al-Qur’an sebagai kelompok muktasib.

Ketiga, orang-orang yang dengan penuh semangat menjalankan ajaran Al-Qur’an. Kelompok ini bukan hanya meyakini dan menerima ajaran Al-Qur’an, tetapi dengan girah yang tinggi selalu menyambut baik seruan Al-Qur’an. Apa yang diperintahkan Al-Qur’an dilaksanakan, sebagaimana yang dilarangnya ia tinggalkan. Kelompok ini, oleh Al-Qur’an disebut sabiq bilkhairat.

Ketiga kelompok tersebut memiliki sikap yang berbeda terhadap Al-Qur’an. Karenanya derajat yang diperoleh pun berbeda. Kelompok ketiga pasti memperoleh kemuliaan. Sedangkan dua kelompok pertama memperoleh kehinaan.

Tinggal memilih, mau jadi kelompok manusia yang dimuliakan Allah, atau yang dihinakan. Keduanya tergantung bagaimana menyikapi Al-Qur’an.

Print Friendly
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

Leave A Reply