Agar Makan dan Minum Mengundang Ridha Allah

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
ilustrasi

ilustrasi

persisalamin – Keridaan Allah SWT adalah sumber segala kebaikan. Dan karenanya orang-orang beriman berlomba-lomba melakukan kebaikan untuk mendapatkan keridaan Allah SWT. Jadi antara kebaikan dan keridaan Allah SWT adalah dua hal yang selalu berkaitan. Kebaikan diperoleh karena rida Allah, dan keridaan Allah diperoleh karena perbuatan kebaikan.

Ada banyak hal yang dapat mengundang keridaan Allah SWT. Namun pada umumnya hal itu adalah berupa perbuatan atau amal kebaikan, baik ibadah yang langsung berkaitan dengan Allah SWT seperti salat, maupun ibadah yang berkaitan dengan sesama manusia seperti sedekah.

Akan tetapi, tahukah Anda, selain dalam bentuk ibadah, ada aktivitas manusia yang sepertinya biasa-biasa saja dan tidak secara langsung menguntungkan manusia, ternyata dapat mengundang keridaan Allah SWT? Ya, makan dan minum. Aktivitas ini termasuk diantara kebutuhan dasar manusia yang mau tidak mau harus dipenuhi. Dan dorongannya pun bukan agama atau sosial, melainkan naluri sebagai makhluk hidup yang butuh makanan dan minuman.

Dalam saah satu hadis sebagaimana diriwayatkan Imam Muslim dalam Sahih nya, Rasulullah SAW menyebutkan bahwa orang yang makan dan minum akan mengundang keridaan Allah SWT. Hal itu sebagaimana hadis berikut.

اِنَّ اللهَ لَيَرْضَي عَنِ اْلعَبْدِيَأْكُلُ اْلأَكْلَةَ فَيَحْمَدُهُ عَلَيْهَا وَيَشْرَبُ الشُّرْبَةَ فَيَحْمَدُهُ عَلَيْهَا

Sesungguhnya Allah SWT benar-benar rida kepada seorang hamba yang memakan suatu makanan kemudian memuji-Nya atas makanan itu. Dan meminum suatu minuman kemudian ia memuji Allah atas minuman itu.

Memuji Allah SWT merupakan salah satu bentuk syukur kepada-Nya. Dia telah memberikan karunia yang begitu banyak, termasuk makanan dan minuman. Keduanya diberikan kepada manusia untuk digunakan dan dinikmati. Menikmati makanan dan minuman pemberian Allah, harus disertai dengan rasa syukur. Mengungkapkan syukur, salah satunya dengan memuji Allah, antara lain dengan memperbanyak mengucapkan hamdalah. Banyak engucapkan hamdalah, dapat mengundang rida Alah SWT.

Karenanya, agar makan dan minum yang biasa dilakukan menjadi sumber datangnya keridaan Allah SWT, pastikan untuk sealalu disertai degan bersyukur antara lain dengan mengucapkan hamdalah. Oleh sebab itulah, Rasulullah SAW juga mengajarkan kepada umatnya agar setiap selesai makan maupun minum selalu bedo’a dan memuji Allah SWT.

Print Friendly
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

Leave A Reply