7 Penyebab Katarak di Usia Muda

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
ilustrasi

ilustrasi

persisalamin – Menurut Imsyah Satari, MD dokter spesialis mata sekaligus CEO SMEC Group ,penyakit katarak biasanya diderita oleh orang yang berusia tua. Namun, saat ini  tidak sedikit katarak diderita oleh orang yang berusia muda.

“Rata-rata faktor penyebabnya adalah  karena gaya hidup, seperti lama di depan layar,” tuturnya, Sabtu (30/7).

Selain itu, ada beberapa faktor lainnya seperti diuraikan berikut.

Trauma Jatuh

Penyebab katarak diderita oleh usia muda yaitu trauma pada mata, yang dapat mengakibatkan penebalan, pembengkakan, dan munculnya warna putih pada serat lensa mata.

“Warna putih pada serat lensa mata inilah yang akhirnya menjadi penyebab katarak di usia muda,” katanya.

Faktor Genetik

Selain itu, penyebab lainnya adalah faktor genik dimana faktor ini dapat meningkatkan risiko terkena katarak lebih dini.

Penderita Diabetes

Lalu, penyebab lainnya yaitu penderita diabetes atau hipertensi memiliki risiko lebih tinggi terkena katarak di usia muda.

“Untuk itu, seseorang yang memiliki diabetes dan hipertensi atau darah tinggi diwajibkan untuk mendapat penanganan dengan tuntas. Supaya tidak berdampak buruk pada mata seperti katarak,” jelasnya.

Pengidap Penyakit Kulit

Kemudian, faktor penyebab lainnya yaitu seseorang yang mengidap penyakit kulit seperti eksim, dermatitis atopik, pemfigus, ichthyosis-pun dinilai sangat berisiko terkena katarak pada usia muda.

Konsumsi Obat Jenis Kortikosteroid

Terdapat beberapa jenis obat tertentu seperti kortikosteroid yang dapat memengaruhi kondisi penglihatan mata yang akhirnya dapat menyebabkan katarak di usia muda.

Terkena Infeksi

Adapun faktor infeksi seperti kusta, toksoplasma dan cyticercosis dapat memicu timbulnya katarak. Maka, jika terkena salah-satu infeksi tersebut sebaiknya segera diobati dan mendapatkan penanganan secara tuntas.

Terlalu Banyak Terpapar Sinar Ultraviolet

Imsyah Satari menambahkan, faktor penyebab terlalu banyak terpapar sinar ultraviolet pun dapat meningkatkan risiko terkena katarak di usia muda.

“Terutama jika sering dan lama beraktivitas di luar tanpa terlindungi dengan kacamata,” tambahnya.

Alasan sinar ultraviolet ini menjadi salah-satu penyebab katarak di usia muda adalah sinar ultraviolet penyebab kekeruhan pada lensa mata, dan sinar ultraviolet ini pun yang merusak metabolisme mata.

“Maka, sebaiknya gunakanlah kacamata sebagai pelindung mata dari sinar ultraviolet,” imbaunya.

Print Friendly
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

Leave A Reply