6 Amalan Ini Jamin Anda Jadi Sukses

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
ilustrasi

ilustrasi

persisalamin – Banyak orang bersusah payah, bekerja keras, peras keringat banting tulang, memutar otak dan mengerahkan segala kemampuan. Semua itu dilakukan dengan penuh kesungguhan, dan dilakukan demi satu tujuan; sukses. Menjadi orang sukses memang menjadi harapan dan mungkin menjadi cita-cita semua orang. Itulah sebabnya orang-orang rela mengorbankan apapun demi meraih kesuksesan.

Sebagai agama sempurna, Islam tak lupa mendorong umatnya agar meraih kesuksesan itu. Bahkan, yang diajarkan Islam, kesuksesan bukan hanya harus diraih saat di dunia, namun jauh lebih penting adalah sukses di akhirat. Baik ketika hidup di dunia maupun nanti di kehidupan abadi, umat Islam diperintahkan untuk meraih kesuksesan. Dalam salah satu do’a sebagaimana tersebut dalam surah Al-Baqarah, yang dipinta umat Islam adalah kesuksesan di dunia dan kesuksesan di akhirat.

Melalui Al-Qur’an dan sunah Rasul-Nya, Islam telah memberikan petunjuk bagaimana agar dapat meraih kesuksesan. Dicontohkan oleh Rasulullah SAW., banyak amalan yang diperintahkan Islam, dan amalan tersebut dapat menjadi jalan tercapainya kesuksesan yang diharapkan. Diantara banyaknya amalan tersebut, tujuh diantaranya adalah sebagai berikut.

Menjaga Wudu

Membiasakan wudu berarti membiasakan diri menghilangkan dosa-dosa yang pernah dilakukan. Jika dosa-dosa telah dihapus dan seseorang menjadi suci, maka tidak ada yang dpat menghalangi hubungannya dengan Allah SWT., sehingga apapun yang diinginkannya sangat mudah dikabulkan.

Rasulullah SAW pernah bersabda sebagaimana diriwayatkan Imam Muslim dalam kitabnya Sahih Muslim sebagai berikut;

“Jika seorang muslim berwudu, maka ketika membasuh wajahnya, maka keluarlah semua dosa yang diakibatkan oleh penglihatannya. Jika membasuh kakinya, maka keluarlah dosa-dosa yang diakibatkan kakinya.”

Membiasakan Tahajud

Rasulullah SAW menyebutkan bahwa salat yang paling dicintai Allah SWT setelah salat fardu adalah salat tahajud. Balasan yang disediakan bagi orang salat tahajud pun istimewa, antara lain semua permintaannya bakal dikabulkan. Bahkan Allah SWT berjanji akan meninggikan kemuliaan orang-orang yang membiasakan salat tahajud. Allah mnejelaskannya seperti tercatat dalam surah Al-Isra berikut;

“Dan diantara sebagian malam, hendaknya kalian salat tahajud. Amalan itu sbagai tambahan bagimu. Dan mudah-mudahan Allah membangkitkanmu dalam kedudukan yang terpuji.”

Salat Berjamaah

Salat berjamaah termasuk amalan istimewa yang dapat mengantarkan sesesorang menjadi orang paling sukses. Bagaimana tidak, satu kali melaksanakan salat berjamaah akan mendapat gajaran 27 kali lipat. Ini bukan ganjaran sederhana, tetapi benar-benar besar dan menjadi modal kesuksesan seseorang. Nabi menjelaskan keutamaan itu sebagaimana dalam hadis berikut;

“Salat berjamaah lebih utama dengan perbandingan 27 kali lipat dibanding salat sendirian.”

Tadabur Al-Qur’an

Tadabur Al-Qur’an berarti membaca, menghafal, memahami artinya, memahami kandungannya, lalu mengamalkannya dan megajarkannya jika mampu. Rasulullah SAW menyebut bahwa termasuk orang yang paling dimuliakan oleh Allah SWT adalah orang-orang yang tadabur terhadap Al-Qur’an; yaitu yang mempelajari dan mengajarkannya. Rasulullah SAW berasabda sebagaimana dalam hadis berikut;

“Orang yang paling baik diantara kalian adalah orang yang mempelajari dan mengajarkan Al-Qur’an.”

Salat Duha

Selain sebagai bentuk syukur kepada Allah SWT., salat duha juga sebagai jalan pembuka rezeki yang dianugerahkan Allah SWT. Dalam salah satu riwayat sebagaimana disampaikan Imam Hakim, Allah SWT berfirman;

“Hai anak Adam, janganlah kalian malas mengerjakan salat 4 rakaat pada permulaa siang. Nanti akan kucukupi kebutuhanmu di waktu sore.”

Sedekah

Sangat banyak ayat Al-Qur’an maupun hadis Nabi SAW yang membahas sedekah, baik berupa perintah maupun penjelasan keutamaan dan ancaman bagi yang tidak mengerjakannya. Salah satu keutamaan sedekah adalah, sebagaimana janji Allah, dapat menjadi jalan pembuka bertambahnya rezeki dari Allah SWT.

Cukup menjadi pengingat adalah janji Allah SWT yang akan melipatgandakan sedekah yang dilakukan seseorang, sebagaimana dijelaskan ayat 261 surah Al-Baqarah berikut;

“Perbandingan sedekah seseorang di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan 7 bulir. Pada tiap-tiap bulir ada 100 biji.”

Print Friendly
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

Leave A Reply