5 Kesalahan dalam Wudu

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
ilustrasi

ilustrasi

persisalamin – Pakar fikih ibadah, A. Zakaria mengatakan, masih banyak umat Islam yang mempraktikkan wudu tidak benar, yaitu tidak sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW.

“Padahal tidak sahnya wudu dapat menyebabkan salat yang dikerjakan pun tidak sah,” tuturnya saat memberikan ceramah pada Pengajian Ahad (Jihad) di Masjid PP. Persis, Ahad (14/8).

Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam hadis riwayat Muslim yaitu;

Tidak diterima salat yang dilakukan tanpa wudhu dan tidak diterima sedekah yang berasal dari harta yang didapat secara tidak halal.”

Berikut adalah kesalahan-kesalahan umum yang sering terjadi dalam wudu.

Mengucapkan Niat

Kesalahan yang biasanya dilakukan dalam praktik wudu adalah mengucapkan niat seperti “Nawaitul wudhuu-a liraf’ll hadatsil ashghari…”  di saat akan mulai berwudu. Dalam hal ini Rasulullah SAW tidak pernah mengucapkan niat saat berwudu.

Karena mengucapkan niat tersebut bukan contoh dari Rasulullah SAW., maka amalan tersebut ditolak

Mengusap Kepala Hanya Sedikit Saja

Kesalahan lainnya yaitu mengusap kepala sedikit saja tidak seluruhnya. Seperti mengusap kepala tiga kali tetapi sedikit, dan seperti mengusap kepala tiga kali serta telinga tiga kali secara terpisah.

“Praktik wudu yang benarnya adalah mengusap atau membasuh kepala dan telinga dalam satu kali ciduk air, dan hanya dilakukan satu kali saja.” katanya.

Tidak Sempurna Membasuh

Selain itu, sambung A. Zakaria, kesalahan lain yang biasanya dilakukan dalam berwudu adalah membasuh anggota tubuh saat berwudu tidak dilakukan secara sempurna.

“Misalnya terkadang salah-satu anggota tubuh seperti tangan atau wajah tidak sampai basah atau hanya membasuh sebagian saat berwudu. Sehingga kondisinya masih kering bahkan terkadang tidak terkena air,” jelasnya.

Berlebih-Lebihan dalam Menggunakan Air

Kesalahan lainnya yaitu selalu menggunakan air secara berlebih-lebihan. Padahal praktik tersebut bertentangan dengan ajaran Islam yang mengajarkan untuk berhemat. Bahakn hal itu juga tidak diperbolehkan oleh Rasulullah SAW.

Berdoa untuk Setiap Gerakan Wudu

Kesalahan lain yang biasanya dipraktikan adalah berdoa untuk setiap gerakan berwudu. Seperti membaca doa-doa saat membasuh kepada, dan berdoa lagi saat membasuh tangan dan lainnya.

“Hal ini jelas tidak sesuai dengan yang dicontohkan Rasulullah SAW, sehingga tidak boleh dilakukan. Maka, sebaiknya berwudu dengan praktik sesuai yang dicontohkan Rasulullah SAW saja jangan menambah-nambah atau mengada-ngada” pungkasnya.

Print Friendly
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

Leave A Reply