3 Keutamaan Istigfar

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
ilustrasi

ilustrasi

persisalamin – Rasulullah SAW adalah orang yang paling banyak istigfarnya, padahal paling sedikit dosanya. Setiap hari tak kurang dari 100 kali beliau istigfar. Tak heran bila beliau terlihat selalu tenang, selalu menemukan kemudahan, dan tak sedikitpun merasa kekurangan.

Selain sebagai wujud minta ampun kepada Allah, istigfar memiliki banyak hikmah. Karena setelah seseorang mendapat ampunan dari Allah, maka apapun urusannya akan dimudahkan.

Dalam salah satu hadis disebutkan beberapa keutamaan istigfar, sebagiamana hadis riwayat Abu Dawud berikut.

“Dari Abdullah bin Abbas RA berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang senantiasa beristigfar niscaya Allah akan menjadikan baginya kelapangan dari segala kegundahan yang menderanya, jalan keluar dari segala kesempitan yang dihadapinya dan Allah memberinya rizki dari arah yang tidak ia sangka-sangka.”

Menurut hadis tersebut, setidaknya ada 3 keutamaan istigfar, yaitu diberikan hati yang tenang, dimudahkan berbagai urusan, dan memperoleh rezeki yang berlimpah.

Hati yang tenang adalah sesuatu yang dicari semua orang, karena segala kenikmatan hanya bisa dinikmati dengan ketenangan. Dimudahkannya berbagai urusan juga merupakan anugerah, karena kesulitan menghambat kesuskesan. Sedangkan rezeki yang berlimpah bahkan diperoleh tanpa terduga, adalah hadiah yang menjadi kejutan bagi setiap orang.

Istigfar tampak sederhana, namun energinya luar biasa. Mampu menghapus banyak dosa, dan menghadirkan kenikmatan-kenikmatan yang juga istimewa. Karenanya sudah sepantasnya memperbanyak istigfar, agar hidup terasa lebih berharga.

Print Friendly
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

Leave A Reply