10 Sahabat Ini Dijamin Masuk Surga

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
ilustrasi

ilustrasi

persisalamin – Para sahabat Nabi Muhammad SAW adalah orang-orang yang istimewa. Mereka diistimewakan bukan hanya oleh Nabi SAW., tetapi Allah SWT secara langsung mengistimewakan mereka. Hal ini menunjukkan peran para sahabat yang luar biasa bagi perjuangan Nabi SAW dalam menunaikan titah Allah untuk menyebarkan Islam sebagai pedoman hidup agar manusia memperoleh kebahagiaan dunia dan akhirat.

Para ulama pun sepakat bahwa para sahabat Nabi SAW semuanya adalah muslim yang baik. Meski memiliki pengalaman yang tidak sesuai dengan Islam. Namun  kebaikannya setelah masuk Islam menghapus kekurangannya itu. Itulah sebabnya, Islam menegaskan haram hukumnya mencela para sahbat Nabi SAW dengan alasan apapun.

Karena perannya bagi Islam yang begitu besar, kemuliannya yang tinggi, kedudukannya yang teramat dekat dengan Allah SWT., disayangi Rasulullah SAW., semua para sahabat dipastikan menyertai Rasulullah SAW di dalam surga kelak. Tak ada seorang pun sahabat Nabi SAW yang tidak ikut bersama Nabi pada hari pembalasan itu.

Para sahabat Nabi SAW yang dijamin masuk surga itu, 10 diantaranya sudah disebutkan namanya secara tersurat. Hal itu sebagaimana disebutkan dala sebuah riwayat sebagai berikut;

Dari Abu Zar ra. Bahwa Rasulullah SAW bersabda, : Wahai Aisyah, inginkah engkau mendengar kabar gembira? Aisyah menjawab; tentu saja wahai Rasulullah. Lalu Nabi pun bersabda, : Ada 10 orang yang mendapat kabar gembira masuk surga, yaitu ayahmu masuk surga dan kawannya Ibrahim as. Umar masuk surga dan kawannya Nuh as. Usman masuk surga dan kawannya aku. Ali masuk surga dan kawannya Yahya bin Zakaria. Thalhah masuk surga dan kawannya Dawud as. Zubair masuk surga dan kawannya Ismail. Sa’ad bin Abi Waqash masuk surga dan kawannya Sulaiman as. Sa’id bin Zaid masuk surga dan kawannya Musa bin Imran. Abdurrahman bin Auf masuk surga dan kawannya Isa bin Maryam as. Abu Ubaidah bin Jarrah masuk surga dan kawannya Idris as.

Kesepuluh nama yang disebutkan di atas, hanyalah segelintir dari puluhan ribu para sahabat Nabi SAW yang dijamin masuk surga. Mereka disebutkan secara terpisah, tentu memiliki kelebihan yang tidak ada pada para sahabat yang lain. Akan tetapi hal itu sama sekali tidak berarti bahwa para sahabat yang lain keistimewaannya kecil ata rendah. Sebab seperti yang suda disebutkan, semua sahabat Nabi SAW adalah muslim yang baik, yang dijamin masuk surga Allah SWT.

Print Friendly
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

Leave A Reply